Friday, September 19, 2014

Tahukah kamu amalan apa yang lebih dicintai Allah dari Jihad Fisabilillah?

Kita semua tau, bahwa orang yang berjihad di jalan Allah akan mendapat ganjaran surga InsyaAllah. Tapi tentu saja jihad yang sesuai tuntunan Rasulullah SAW.. Bukan jihad seenak udelnya sendiri, waton bakar, waton rusuh, waton kisruh..

Tapi ternyata ada amalan yang lebih dicintai oleh Allah dari Jihad Fisabilillah. Berikut haditsnya:
dari Ibnu 'Abbas Radhiyallahu 'anhuma bahwa Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Tidak ada hari dimana amal shalih pada saat itu lebih dicintai oleh Allah daripada hari-hari ini, yaitu : Sepuluh hari dari bulan Dzulhijjah. Mereka bertanya : Ya Rasulullah, tidak juga jihad fi sabilillah ?. Beliau menjawab : Tidak juga jihad fi sabilillah, kecuali orang yang keluar (berjihad) dengan jiwa dan hartanya, kemudian tidak kembali dengan sesuatu apapun". (HR Bukhari)
Dari hadits di atas, ternyata dengan beramal shalih pada 10 hari pertama bulan Dzulhijjah, amalan kita lebih dicintai Allah daripada berjihad kecuali orang yg berjihad yang dengan seluruh harta dan jiwanya kemudian tidak kembali dengan sesuatu apapun (meninggal).

Lalu amalan seperti apa yg sebaiknya kita lakukan?
  1. Melaksanakan Ibadah Haji Dan Umrah
  2. Berpuasa Selama Hari-Hari Tersebut, Atau Pada Sebagiannya, Terutama Pada Hari Arafah.
  3. Takbir Dan Dzikir Pada Hari-Hari Tersebut.
  4. Taubat Serta Meninggalkan Segala Maksiat Dan Dosa.
  5. Banyak Beramal Shalih. (shalat, sedekah, jihad, membaca Al-Qur'an, amar ma'ruf nahi munkar dan lain sebagainya)
  6. Disyariatkan Pada Hari-Hari Itu Takbir Muthlaq
  7. Berkurban Pada Hari Raya Qurban Dan Hari-Hari Tasyriq.
  8. Dilarang Mencabut Atau Memotong Rambut Dan Kuku Bagi Orang Yang Hendak Berkurban.
  9. Melaksanakan Shalat Iedul Adha Dan Mendengarkan Khutbahnya.
  10. Selain Hal-Hal Yang Telah Disebutkan Diatas sebaiknya mengisi hari-hari ini dengan melakukan ketaatan, dzikir dan syukur kepada Allah, melaksanakan segala kewajiban dan menjauhi segala larangan.
Berdasarkan informasi dari BMKG, 1 Dzulhijjah 1435 jatuh pada tanggal 24 September 2014. Yuk mari kita tingkatkan amalan shalih kita sebanyak-banyaknya. Meskipun belum bisa melaksanakan ibadah haji tahun ini mari kita kejar amalan shalih yg lain. Semoga Allah semakin mencintai kita, InsyaAllah..

Source:
Artikel 
BMKG 

No comments:

Post a Comment