Tuesday, August 19, 2014

Merutinkan Membaca Doa ini:

اللَّهُمَّ إنِّي أسْألُكَ الهُدَى ، والتُّقَى ، والعَفَافَ ، والغِنَى
"Allahumma inni as-alukal huda wat tuqo wal ‘afaf wal ghina.”
(HR. Muslim no. 2721)

Artinya:
Ya Allah, aku meminta pada-Mu petunjuk, ketakwaan, diberikan sifat ‘afaf dan ghina.

Ada 4 Keutamaan di dalamnya:
  1. Meminta al-Huda / Petunjuk, hidayah tidak hanya diberikan kepada mualaf saja namun hidayah jg diturunkan kepada kita untuk semakin memantapkan keimanan. Jangan sampai kita meninggal pada saat melakukan maksiat karena kita lupa meminta untuk berdoa memohon hidayah kedapa Allah.
  2. Meminta at-Tuqo / Ketaqwaan, dengan meminta ketaqwaan kita berharap selalu dilindungi Allah dari perbuatan yang menjerumuskan ke neraka dan selalu mendekatkan dengan surga-Nya.
  3. Meminta 'Afaf / agar dijauhkan dari hal-hal yang diharamkan semacam zina. Termasuk zina mata, pikiran, dan alat indera yang lain. Zina seperti ini yang kadang banyak kita temui namun kita tidak sadar telah berzina dengan alat indera kita. Astaghfirullah.
  4. Meminta al-Ghina / dicukupkan oleh Allah dari apa yang ada di sisi manusia dengan selalu qona’ah, selalu merasa cukup ketika Allah memberinya harta sedikit atau pun banyak. Dengan kata lain selalu bersyukur dengan apa yg diberikan Allah dan berlatih hidup sederhana tidak bernafsu menginginkan harta/benda yg bersifat fana.
Selain doa sapu jagad (yaitu do’a: Robbana aatina fid dunya hasanah wa fil akhiroti hasanah wa qina ‘adzaban naar) Doa ini juga dituntunkan oleh Rosulullah SAW. Oleh karena itu perbanyaklah do'a ini dan merutinkannya kapan saja. Bukti keseriusan seorang hamba pada doa yang ia panjatkan dengan harapan dikabulkan oleh Allah adalah dengan mengulang doa hingga 3x. InsyaAllah dengan membaca doa secara rutin, Allah akan mengabulkan doa kita, Aamiin..

Allah Maha Medengar
Allah Maha Mengetahui

Reference: http://rumaysho.com/amalan/doa-meminta-ketakwaan-dan-sifat-qonaah-968

No comments:

Post a Comment